Subscribe:

Ads 468x60px

Live Info By FM Community Gabung dengan kami sekarang, klik Like Fanpage dibawah posting atau link ini FMC on Facebook Release Unofficial Database Sea Games FM 2013 Download Mohon maaf agar blog tidak kena suspend, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai crack/ilegal question Update Cut Out Facepack v3.0 sampai v4.02 Buka dan Baca Posting ini

Tuesday 22 November 2011

FM 2012 : 4-2-4 Masterpiece

Preview
Inilah taktik yang saya gunakan pada FM 2012 selama tiga musim menukangi Juventus. Mengusung formasi 4-2-4 atau bisa juga disebut 4-4-2 dengan komposisi 2 Full Back 2 Cendral Defender 2 Central Midfielder 2 Winger dan 2 Striker. Mengapa saya menjatuhkan pilihan taktik pada formasi ini, alasannya cukup realistis pada musim pertama menukangi Juventus cukup banyak pemain berposisi striker dan gelandang, terutama striker yang kebanyakan juga bisa berposisi winger, karena itu saya tidak memaksakan untuk memakai formasi 4-5-1 ala Barca yang sedang ngetren saat ini. Tentu saja pada musim pertama belum mantap memakai taktik ini sebab saya juga melakukan banyak eksperimen untuk menyeting Team Instructions dan Players Intruction serta Role pemain dan Duty-nya. Memang taktik ini bukan tidak terkalahkan, hasil seri dan beberapa kali kekalahan pernah saya alami tapi dengan taktik ini saya banyak merebut piala dan penghargaan.

Philosphy  dan Strategy
Attack dan Fluid adalah kombinasi philosophy dan strategy yang saya pakai. hal yang sangat wajar kalau saya memakai ini sebab team sebesar Juventus sangat tidak pantas kalau hanya memakai strategy standar atau hanya counter attack saja, tinggal bagaimana setingan yang cocok pada Team dan Players Instructionnya agar kombinasi Philosphy dan Strategy ini bisa berjalan dengan baik.

Skema Permainan
Pada formasi ini saya sangat mengandalkan sisi sayap untuk melakukan tekanan pada lawan, ini sangat jelas terlihat pada Team Instructions yaitu mengandalkan aliran bola dari both flanks dan juga terlihat dari duty pemain yaitu kedua Full Back saya set ke Automatic yang bertugas menjadi support-attack (bola dari bawah bisa dikasihkan kepada winger dahulu dan bisa juga langsung di cross kepada striker) dan Winger saya set ke attack yang bertugas mengalirkan bola kepada kedua striker dan kadang kala menggantikan posisi striker yang terlambat kembali ke posisinya ketika membantu pertahanan, namun untuk Role Winger sedikit saya fariasi untuk winger kanan saya jadikan winger murni yang otomatis banyak mendribling bola disisi lapangan sedangkan winger kiri saya set ke Inside Forward yang sering mendribling bola menusuk ke dalam kotak pinalty untuk melakukan shooting (cut inside), sekali lagi untuk winger kiri saya fariasi wide play-nya ke Huge Touchline agar sesekali juga menyerang dari sisi sayap layaknya winger murni.

Tugas dari Central Defender tentu saja menjaga kedalaman pertahanan namun dengan duty berbeda sisi kanan (CDR) sebagai stopper yakni bergerak lebih mempresing lawan ketika pertahan sedang terancam sedangkan tugas CDL (sisi kiri) lebih menjaga kedalaman saja. Sedangkan dua gelandang tengah saya set ke Central Midfielder dengan setingan duty yang sama yaitu Defend kenapa tidak diseting support atau kombinasi keduanya, sebab saya berfikir dengan 4 pemain yang menyerang dari sisi sayap sudah sangat cukup untuk merusak pertahanan lawan, tentu saja peran CM ini juga harus bisa mengalirkan bola kepada striker dengan trough pass-nya, sesekali juga ikut naik bahkan melakukan long-shoot itu sebabnya saya setting mentality-nya menjadi attack pada Player Instruction-nya namun tugas utama dari kedua CM ini adalah berusaha secepatnya merebut bola ketika team kehilngan possesion.

Terakhir adalah dua Striker kembar, saya katakan kembar karena baik role, duty dan player instructions saya seting sama tidak ada perbedaan dikeduanya, tugas utamanya adalah sebagai penyelesai akhir dari skema penyerangan, namun striker juga bisa sebagai penyuplai bola untuk striker lainnya baik melalui trough pass maupun dari crossing itulah sebabnya saya memilih rolenya pada Advanced Forward.

Visi dan Misi
Pada bagian ini sedikit perlu saya kemukakan karena ada banyak manajer pada game ini yang menginginkan striker benar-benar menjadi mesin gol alias sangat terobsesi strikernya harus menjadi top skor disebuah turnamen bahkan sampai striker ditargetkan harus bisa mencetak gol lebih dari 50 gol disemua turnamen pada setiap musimnya. Tentu saja obsesi tersebut tidaklah salah hanya saja obsesi atau tujuan tersebut tidak ada pada diri saya sebagai manajer, bagi saya visinya adalah setiap pemain harus bisa berkontribusi bagus pada setiap pertandingan dengan memaksimalkan skill yang dimilikinya yang diaplikasikan pada taktik yang saya terapkan, sedangkan misinya adalah "memenangi  disetiap pertandingan siapapun yang menjadi penentu kemengan". Maka tidak heran striker saya jarang menjadi top skor tapi bisa menjadi Assists Leader sebaliknya para gelandang bisa banyak mencetak gol tanpa melalaikan tugas utamanya sebagai Assisters.

Match Preparation dan Additional Focus Area
Match preparation ketika musim sedang berjalan saya menggunakan Average untuk Additional Focus Area saya seting ke Teamwork, namun jika ada masukan dari asssisten manajer untuk men-set ke yang lain maka saya ikuti dan tepat setelah pertandingan saya kembalikan ke Teamwork lagi. Sedangkan untuk Schedules Training saya masih menggunakan standar bawaan game.

Review
Formasi taktik dan skema permainan sudah ditentukan dan inilah hasilnya. 
Musim 2011/2012 Pemain inti : Buffon (GK), Stephan Lichtsteiner (FBR),  Paulo De Caglie (FBL) Leonardo Bonucci (CBR), Giorgio Chielini (CBL), Milos Krasic (AMR), Simone Pepe (AML), Claudio Marchisio (MCR), Arturo Vidal (MCL), Alessandro Matri (STR) dan Fabio Quagliarella (STL)

Juara Serie A dan Tim Cup

Musim 2012/2013 Pemain inti : Buffon (GK), Stephan Lichtsteiner (FBR),  Aleksandar Kolarov (FBL) Leonardo Bonucci (CBR), Giorgio Chielini (CBL), Milos Krasic (AMR), Angel Di Maria (AML), Claudio Marchisio (MCR), Arturo Vidal (MCL), Alberto Paloschi (STR) dan Fabio Quagliarella (STL) *Pemain yang dicetak tebal adalah pemain inti baru.

Juara Supercoppa, Tim Cup, Serie A dan Liga Champions
Musim 2013/2014 Pemain inti : Marc-Andre ter Stegen (GK), Stephan Lichtsteiner (FBR),  Aleksandar Kolarov (FBL) Leonardo Bonucci (CBR), Giorgio Chielini (CBL), Milos Krasic (AMR), Angel Di Maria (AML), Claudio Marchisio (MCR), Arturo Vidal (MCL), Alberto Paloschi (STR) dan Carlos Tevez (STL) *Pemain yang dicetak tebal adalah pemain inti baru.

Juara Supercoppa, Tim Cup, Serie A, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup dan Liga Champions

Musim 2014/2015 Pemain inti : Marc-Andre ter Stegen (GK), Rafael Pereira da Silva (FBR),  Aleksandar Kolarov (FBL) Kyriakos Papadopoulos (CBR), Giorgio Chielini (CBL), Milos Krasic (AMR), Angel Di Maria (AML), Claudio Marchisio (MCR), Arturo Vidal (MCL), Alberto Paloschi (STR) dan Carlos Tevez (STL) *Pemain yang dicetak tebal adalah pemain inti baru.

Kompetisi sedang berjalan sampai bulan Desember 2014 baru memenangi FIFA Club World Cup

Tertarik ingin mencoba taktik saya silahkan klik link dibawah ini


Taktik ini saya share juga di FM-Lovers Forum dan di FM-Base

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki ID Blogger!

8 comments:

JOSPLENG said...

Tacktik ane dari dulu gak pernah ganti,, ya seperti ini,, tapi kadang pake taktik khas italy dengan 1 libero,, and ngandalin serangan balik..

Football Manager Community said...

@Jospleng : mungkin kita sehati gan, ane juga dari dulu lebih suka maen dua striker dan memanfaatkan winger. mungkin kebawa gaya inggris kali ya :)

Bun No Ichi said...

i like it..

Bun No Ichi said...

Mantap juga nih taktik..
ane download langsung praktek..
dan hasil'y..,sungguh memuaskan..,
hatur nuhun kang :D

Lukman Aziz said...

Ini sih udah andalan saya dari waktu FM jadul (kalo ga salah CM namanya). Dengan formaasi 4-1-1-4 dan 3-5-2 membawa JUVENTUS saya sudah "bintang 4" a.k.a 40 kali lebih scudeto.

Noelz said...

juara liga sih biasa, tp untuk juara lainnya trutama cham liga sy sgt yakin kamu pake save load stlh lolos fase grup.. Gitu aja kok repot..

Anonymous said...

lum bgtu terbukti sih klo g ditampilin saat maennya langsung
bs jd klo klh lngsng di load lg g disave,msh abu' bro
tp makasih atas ilmunya..

Unknown said...

klo cara tranfer pemain gimana yah,.? aku udah transfer dan udah berhasil,tp kok pemain yang saya transfer nggk masuk dalam squd tim saya yah,.? mohon bantuan kalau bisa :-o

Post a Comment

Tinggalkan komentar karena komentar anda menjadi inspirasi dan motivasi Penulis, tapi jangan tanya tentang crack atau pertanyaan ilegal lainnya. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar. Terima kasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Komentar Pengunjung