Subscribe:

Ads 468x60px

Live Info By FM Community Gabung dengan kami sekarang, klik Like Fanpage dibawah posting atau link ini FMC on Facebook Release Unofficial Database Sea Games FM 2013 Download Mohon maaf agar blog tidak kena suspend, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai crack/ilegal question Update Cut Out Facepack v3.0 sampai v4.02 Buka dan Baca Posting ini

Friday, 1 April 2011

Tips Menciptakan Taktik Yang Hebat

Mantaaaabbb...!!! Team saya menyabet seluruh gelar disemua ajang kompetisi !!! Pertanyaannya adalah bisa sesukses itu pakai taktik apa ?? siapa yang membuat taktik itu ?? jika jawabnya adalah taktik itu dibikin si A atau si B maka anda wajib berterima kasih kepada si Pembuat taktik. Namun akan menjadi kebanggaan tak ternilai jika kesuksesan anda dibangun atas jerih payah anda sendiri mulai dari pemilihan pemain, backroom staff sampai pada penentuan taktik yang diterapkan pada team. Maka kali ini saya akan memposting Korelasi (hubungan) antara Team Instructions, Player Instructions dan Match Preparation untuk membangun sebuah taktik yang hebat, setelah anda mengetahui hubungan ketiga menu tersebut maka anda tidak akan ragu lagi untuk membuat satu, dua atau tiga taktik yang cocok digunakan pada team anda.

Saya anggap anda sudah paham semua detiel aspek instruksi team dan per-pemain yang tersedia pada menu tersebut, jika belum silahkan baca posting ini dulu :
- Role dan Duty Pemain Menurut Posisinya (postingnya menyusul)

A. Korelasi antara Match Preparation dengan Team Instructions dan Player Instructions
Team Instructions dan Player Instruction adalah menu instruksi taktik dari manajer untuk para pemain yang akan berlaga dipertandingan, instruksi untuk seorang pemain dengan pemain lainnya tentu berbeda-beda contoh striker yang fokus ke penyerangan dan pemain belakang yang fokus dipertahanan, Nah detiel-detiel instruksi tersebut yang diatur dari team instructions harus diterapkan pada menu latihan setiap harinya yaitu dimenu latihan Match Preparation tujuannya agar setiap pemain lebih memahami taktik yang diinginkan manajer dan tidak canggung lagi menjalankan taktik yang diterapkan oleh manajer disetiap pertandingan.

Pertanyaanya adalah
1. Aspek Team Instructions apa saja yang berpengaruh pada menu latihan di Match Preparations ??
2. Jika tiga slot pada match preparations sudah terisi semua sedangkan manajer memutuskan ingin mengganti salah satu slot latihan dengan taktik dan formasi yang sama sekali berbeda, apakah itu artinya pemahaman pemain terhadap taktik yang berubah itu harus mengulang dari awal lagi ??
3. Pertanyaan ketiga apa pengaruhnya Player Instructions terhadap Match Preparations ???

Dari pertanyaan-pertanyan diatas jika anda megetahui jawabanya maka anda akan memahami hubungan antara ketiga menu yang berkaitan pada taktik dan latihannya, akhirnya andapun menjadi lebih berani bereksperimen dengan perubahan-perubahan instruksi pada pemain disetiap pertandingan.

Saya jawab pertanyaan terakhir (No. 3) dulu, yaitu ternyata tidak ada pengaruhnya sama sekali atas perubahan semua detiel player instructions terhadap hasil latihan di match preparation. Contoh seorang striker yang awalnya diseting Role : Targetman, Duty : Attack dan semua detiel pada specifik instructionya, jika dirubah lain semau anda itu tidak akan mempengaruhi apapun pada hasil latihan di match preparation.

Hanya saja Player Instruction berhubungan erat dengan Team Instruction, ketika anda sudah menseting satu aspek instruksi pada team instruction maka itu berlaku untuk semua pemain Contoh anda menseting Starting Strategy menjadi Attack hasilnya lihatlah instruksi kepada pemain mulai dari Goalkeeper sampai pada striker semua mental pemain fokus ke penyerangan (mental normal sampai attack) tidak ada satu pemainpun yang berkarakter mental bertahan (defend) agar tidak seperti itu maka dibutuhkan setingan pada player instructions, itu baru satu aspek instructions belum lagi instruksi lain-lainnya.

Kesimpulannya adalah perubahan setingan pada player instructions tidak mempengaruhi hasil latihan pada match preparation, namun setingan player instructions diperlukan untuk merubah keinginan manajer pada pemain-pemain tertentu agar tidak mengikuti setingan pada team instructions dengan kata lain pemain yang diseting juga pada player instructionsnya maka dia akan mengabaikan instruksi yang telah diatur pada team instructions.

Jawaban No 2. Pada beberapa aspek latihan di match preparation pasti akan berubah status pemahaman pemain pada taktik baru itu. perubahannya ada yang secara ekstrim mengulang dari awal ada yang tidak, tergantung seberapa besar dan seberapa berbedanya perubahan pada setingan team instructions baru dengan setingan teams instructions sebelumnya. Hal ini berlaku untuk semua slot yang tersedia pada match preparation yaitu ada tiga slot.

Yang perlu diketahui adalah sebenarnya antara slot satu dengan slot lainnya masih saling berhubungan contoh jika pada tahap awal pemain hanya latihan satu model taktik yang di isikan pada slot satu dengan pengaturan taktik Formasi 4-4-2 Mentality Attacking dll, setelah status pemahaman pemain mencapai fluid disemua kategori latihan, maka perlu membuat taktik baru untuk di isikan pada slot kedua misalnya taktik kedua ini semua aspek pengaturannya sama dengan taktik pertama hanya berbeda pada segi Mentality menjadi Defensive maka untuk letihan taktik kedua itu pemain hanya melatih pada pengenalan Mentality-nya saja yang lainnya status tetap sudah fluid.
klik pada gambar untuk memperbesar

Jawaban No. 1, jawaban ini pada dasaranya melengkapi pemahaman pada No.2, jadi Aspek team instructions yang berpengaruh pada hasil latihan yang telah ada jika ada perubahan atau penambahan taktik baru sebagai berikut :
- Formasi yang digunakan.
- Mentality  yang diterapkan. pengaturan team instructions-nya pada Starting Strategy.
- Passing Style pengaturan pada team instructions-nya pada Playing Style kategori Passing Style
- Creative Freedom pengaturan pada team instructions-nya pada Playing Style kategori Creative Freedom
- Closing Down pengaturan pada team instructions-nya pada Playing Style kategori Closing Down
- Marking pengaturan pada team instructions-nya pada Playing Style kategori Marking
- Tempo pengaturan pada team instructions-nya pada Specific Instructions kategori Tempo
- Width pengaturan pada team instructions-nya pada Specific Instructions kategori Width
Perubahan-perubahan pada detiel team instructions selain dari yang disebutkan diatas sama sekali tidak mempengaruhi hasil latihan di match preparation seperti Defensive Line, Time Wasting, Focus Passing dll

Kesimpulan No 2 dan No 1. Hanya pengaturan team instructions pada beberapa kategori saja yang berpengaruh pada hasil latihan di match preparations (pemahaman pemain terhadap taktik). Jadi mulai sekarang anda sudah tahu kalau pemain tidak akan canggung menjalankan perubahan taktik selama masih dalam batasannya. Toh maksud perubahan taktik mendadak dari manajer kan untuk mendapatkan hasil maksimal dari lawan yang dihadapi. sekali lagi saya beri contoh biasanya kita menerapkan pertahanan yang cenderung jauh dari gawang yaitu Push Up pada setingan Defensive Line, kalau lawannya sepadan atau kekuatannya dibawah team kita mungkin tidak begitu masalah, tapi setingan push up akan sangat riskan diterapkan jika kita melawan team besar atau team yang mempunyai striker pelari cepat sedangkan pemain belakang kita cenderung tidak bagus pada akselerasinya.

B. Lima tips dalam menerapkan taktik yang tepat di setiap laga :
1. Tentukan formasi yang ideal bagi team anda dengan mempertimbangkan penguasaan posisi pemain-pemain yang anda miliki jikapun anda memaksakan membuat formasi sesuai selera anda akan tetapi pemain yang dibutuhkan untuk memaksimalkan taktik anda itu tidak ada maka belilah pemain baru atau latihlah pemain yang ada untuk menempati posisi baru dengan menggunakan fasilitas individual training new position.
2. Gunakan pengaturan player instructions untuk pemain-pemain tertentu yang tidak diharapkan mengikuti aturan pada team instructions dan untuk memaksimalkan pemanfaatan skill pemain yang dikuasainya.
3. Taktik menyerang belum tentu yang terbaik jika melawan team yang lebih kuat.
4. Perkenalkan pada team taktik yang telah anda buat dengan memanfaatkan fasilitas match prepration, manfaatkan tiga slot yang tersedia untuk taktik yang berbeda.
5. Terakhir sebagai penegasan AI (Artificial Intelligence = kecerdasan berfikir virtual komputer) akan selalu memantau perkembangan taktik team anda tujuannya untuk mengalahkan team anda, maka dari itu perlu inovasi-inovasi baru dari anda dalam menerapkan taktik, Perubahan taktik sewaktu-waktu perlu dilakukan asal tidak merubah aspek-aspek yang dikenalkan pada match preparation.

Tutorial ini didasarkan dari pengetahuan dan pengalaman saya, Semoga menambah referensi anda dalam membuat sebuah taktik.

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki ID Blogger!

3 comments:

ed said...

saya ingin bertanya, sy di komen oleh manager lain berkenaan dgn tactic yg sy gunekan...katanye bahawa sy menjaringkan gol dgn hanye menolak atau passing shj...bukan nye secara rembatan atau tendangan...dr komen tersebut, jelas skali sy baru tau cara permainan pasukan sy, dan sy xsuke...bole sy tau mcm mane nak tukar ke tactic yg dikate kan itu?

Dimas Hasan said...

@ed : Mohon maaf saya belum memahami pertanyaan agan :-)

soulfly said...

mantaaap gan....
buat fm 2012 jg bisa kan nih

Post a Comment

Tinggalkan komentar karena komentar anda menjadi inspirasi dan motivasi Penulis, tapi jangan tanya tentang crack atau pertanyaan ilegal lainnya. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar. Terima kasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Komentar Pengunjung