Subscribe:

Ads 468x60px

Live Info By FM Community Gabung dengan kami sekarang, klik Like Fanpage dibawah posting atau link ini FMC on Facebook Release Unofficial Database Sea Games FM 2013 Download Mohon maaf agar blog tidak kena suspend, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai crack/ilegal question Update Cut Out Facepack v3.0 sampai v4.02 Buka dan Baca Posting ini

Thursday, 31 March 2011

Team Instructions

Team Instructions adalah salah satu bagian penting dalam game Football Manager, pada menu inilah kita mengatur taktik, formasi, philosphy dll yang diatur oleh manajer untuk team. Namun disini saya tidak akan menjelaskan mengenai cara mengatur tacticnya karena masalah ini tergantung mood dan karakter masing-masing manajernya, melainkan hanya akan menjelaskan istilah-istilah yang terdapat pada menu Team Instruction ini.

Disini saya hanya akan menjelaskan secara singkat, padat dan garis besarnya saja, kalau dijelaskan secara detiel justru akan jauh dari maksud kategori itu sendiri sebab itu semua efek dari kombinasi antara satu instruksi dengan instruksi lainnya contoh kombinasi kategori Philosophy dan Starting Strategy, Philosphy very rigid adalah filosopi permainan yang sangat kaku tidak banyak kreasi dari para pemain, cocoknya digunakan untuk strategy bertahan (counter atau sebawahnya) namun jika dikombinasikan dengan strategy menyerang (attack atau seatasnya) tetap saja para pemain mendapatkan ruang ekspresi yang lebih. Maka dari itu secara garis besar maksud dari very rigid disini adalah berpatokan pada posisi pemain yang kaku dan terpaku pada posisinya tidak sampai bertukar posisi dengan pemain lain. Kesimpulan dari contoh saya ini adalah jika anda menginginkan taktik dengan mental menyerang namun para pemainnya tetap harus sangat disiplin pada posisinya masing-masing maka kombinasi untuk taktik itu adalah Very Rigid-Attack dan jika kombinasinya ditambah dengan Playing Style maka efek instruksi itu akan berubah lagi. Kalau hal ini dijadikan topik perdebatan mungkin akan sangat panjang sebab banyaknya kombinasi instruksi yang disediakan dalam game.

Baiklah langsung saja ada dua pengaturan pada bagian ini yaitu Basic dan Advanced dan maksud garis besar dari istilah-istilah pada menu ini dikelompokkan pada beberapa kategori (lihat gambar)
klik pada gambar untuk memperbesar

General Strategies :
A Philosophy : kategori yang menentukan style individual pemain pada aspek mentality, creative freedom dan clossing down. pilihannya sebagai berikut :
- Very Rigid : philosophy yang sangat kaku dan terpaku karena semua pemain sangat fokus pada daerah operasinya masing-masing.
- Rigid : Tidak sekaku very rigid namun masih lebih kaku daripada balanced.
- Balanced : Pergerakan ekspresi pemain dan exploitasi lapangan oleh pemain lebih dinamis.
- Fluid : Para pemain diberikan banyak kesempatan untuk berekspresi dan mengexploitasi lapangan
- Very Fluid : Semua pemain bebas berekspresi dan mengexploitasi lapangan termasuk para defender juga mendapatkan porsi lebih.

B. Starting Strategy : kategori yang menentukan style individual pemain pada aspek mentality, passing style, clossing down dan tackling, pilihannya sebagai berikut :
- Contain : Total fokus bertahan.
- Defensive : Masih sama seperti Contain namun sedikit lebih menyerang dengan counter attack.
- Counter : Tidak terlalu bertahan karena fullback ikut membantu serangan dengan counter attack.
- Standar : Seimbang antara menyerang dan bertahan.
- Control : Mulai fokus menyerang
- Attack : Lebih fokus ke penyerangan
- Overload : Total menyerang termasuk para defendernya.

Playing Style :
Pengaturan pada kategori ini berlaku untuk semua pemain menurut peran dan posisinya masing-masing, namun tidak berlaku jika style pemain disetting secara individual (Player Instructions). Pengaturan secara umum adalah Default artinya semua style tergantung peran dan posisi pemain.
- Passing Style : Style operan pemain, pilihannya Shorter (operan pendek), Default (style tergantung posisi dan perannya) dan More Direct (mengandalkan operan panjang/long pasing).
- Creative Freedom : Khusus mengatur seberapa besar kebebasan berkreasi para pemain, pilihannya More Expressive (sangat bebas), Default dan More Diciplined (Sangat disiplin dalam posisi dan perannya)
- Clossing Down : Kedekatan presing terhadap pemain lawan, pilihannya Press More (sangat ketat), Default dan Stand-Off More (sangat longgar).
- Tackling : More Aggressive (sangat keras), Default dan More Cautious (lebih berhati-hati)
- Marking : Penjagaan terhadap lawan, Zonal Marking (penjagaan menurut daerah operasinya), Default dan Man Marking (Penjagaan per-pemain)
- Crossing : Style umpan crossing, pilihannya Float Crosses (operan atas tujuan kepala), Default dan Drill Crosses (operan bawah tujuan kaki).
- Roaming : Daya jelajah pemain, pilihannya More roaming (memberikan kebebasan lebih banyak untuk menjelajah seluruh area lapangan), Default dan Stick To Position (tetap berposisi pada area jelajahnya).

Specific Instructions :
Pada kategori ini pengaturannya dengan cara slider (menggeser)
- Defensive Line : kedalaman pemain dalam bertahan. pilihannya Deep (Dalam sangat dekat dengan gawang), Normal dan Push Up (sangat jauh dari gawang)
- Width : Pemanfaatan lebar lapangan, pilihannya Narrow (antar pemain saling berdekatan ) Normal dan Wide (berjauhan).
- Tempo : Pilihan tempo permainan Slow (lambat = sangat sering memainkan bola) Normal dan Quick (cepat = permainan tik tak jarang mendribel bola)
- Time Wasting : Membuang-buang waktu dengan cara memain-mainkan bola Rarely (jarang) Sometimes (kadang-kadang) dan Often (Sering).
- Focus Passing : Mixed (Campuran) Trough The Middle (fokus serangan suplay bola dari gelandang tengah), Down Both Flank (fokus serangan suplay bola dari Winger), Down Left Flank dan Down Right Flank (fokus serangan suplay bola dari sisi kiri atau kanan)
- Counter Attack : Ya atau tidak artinya dipakai atau tidak dipakai dalam taktik.
- Play Offside : Memainkan offside trap, ya atau tidak dalam taktik.

Set Pieces 
Pengaturan suplay setpieces ini dalam posisi menyerang berharap dapat mencetak goal dari bola-bola mati (setpieces), pengaturan setpieces secara specifik untuk sisi kanan dan kiri lapangan, secara default diatur Mixed (campuran/berubah-ubah sesuai situasi, kondisi dan skill pengambil setpieces) ada tiga kategori : 
- Corners : Jenis suplay bolanya Short (suplay kepada pemain terdekat), Near Post (suplay kepada pemain terdekat yang berposisi pada sisi gawang lawan), Far Post (kebalikan dari Near Post), Pinalty Area (Suplay ke tengah kotak pinalty) dan 6 Yeard Box (suplay ke area garis luar kotak pinalty).
- Free Kicks : Short (suplay bola kaki kepada pemain terdekat), Long (suplay bola kaki kepada pemain terjauh), Cross Near (suplay bola atas kepada pemain terdekat), Cross Far (suplay bola atas kepada pemain terjauh), Cross Center (suplay bola atas ke tengah) dan Best Header (suplay bola atas kepada pemain yang mempunyai skill heading terbaik).
- Throw Ins : Lemparan kedalam kepada Short (pemain terdekat) Long (pemain jauh) dan Quick (mencuri kelengahan lawan dengan cepat).

Playmaker and Targetman
Pengaturan secara manual untuk menentukan seseorang yang menjadi Playmaker (Pengatur serangan), Targetman (Striker andalan) dan pengaturan fokus suplay bola kepada targetman, pilihannya To Feet (ke kaki), To Head (ke kepala), Run Onto Ball (operan bola daerah) dan Mixed (campuran).

Baca juga posting saya yang berkaitan dengan taktik : Match Preparation, Players Instructions dan Tips Membuat Taktik Team Sekian semoga membantu

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki ID Blogger!

1 comments:

ady said...

good bro..

Post a Comment

Tinggalkan komentar karena komentar anda menjadi inspirasi dan motivasi Penulis, tapi jangan tanya tentang crack atau pertanyaan ilegal lainnya. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar. Terima kasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Komentar Pengunjung