Subscribe:

Ads 468x60px

Live Info By FM Community Gabung dengan kami sekarang, klik Like Fanpage dibawah posting atau link ini FMC on Facebook Release Unofficial Database Sea Games FM 2013 Download Mohon maaf agar blog tidak kena suspend, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai crack/ilegal question Update Cut Out Facepack v3.0 sampai v4.02 Buka dan Baca Posting ini

Tuesday 28 February 2012

Step By Step Editing FM 2012

Halo FM Lovers tak terasa kita sudah separuh musim memainkan game Football Manager 2012 ini dan biasanya dibulan September nanti sudah rilis FM versi terbarunya, tentunya sudah banyak gelar kejuaran yang diraih oleh team kita, suka dan duka sebagai arsitek team sudah kita lalui. Ok basa basinya saya rasa sudah cukup, kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda tapi bukan membahas masalah taktik melainkan akan membahas tips trik tutorial atau apalah namanya mengenai cara mengedit database game FM khususnya untuk versi Football Manager 2012 ini. Tapi sebelumnya perlu anda ketahui, bahwa saya tidak bermaksud menggurui, saya yakin diantara anda sekalian banyak yang sudah mahir dalam bidang editing database game ini, namun tidak ada salahnya kalau saya memberikan tutorial ini sejauh apa yang saya ketahui saja, karena jujur selama saya bergelut dengan database editor sama sekali tidak ada referensi ataupun sumber untuk mempelajarinya, maka sudah sepantasnya kalau mungkin nanti dalam tutorial saya ini masih banyak kesalahan ataupun kekurangan. Sesuai judul diatas saya akan membahasnya tahap demi tahap mulai dari editing termudah sampai editing yang rada sulit.

Apa keuntungannya kita harus bisa editing database game sendiri ??? Kan tanpa bisa mengeditpun kita sudah banyak disediakan editor-editor database yang banyak dishare di forum-forum, tinggal download lalu pakai !!! Ok... kalau saya cukup dengan satu jawaban saja maka akan terasa betapa pentingnya menguasai editing ini yaitu "dengan memakai database editor buatan kita sendiri akan memberi rasa percaya diri ketika kita main game tidak akan terjadi crash dump / error yang disebabkan kesalahan editing, sebab database editor yang dibuat oleh orang lain belum tentu bisa digunakan bersamaan dengan database editor buatan orang lainnya lagi"

Agar pembahasannya nanti terlihat rapi dan terperinci saya mencoba membedakan kategori editing menurut tingkat kesulitannya, yaitu :
1. Level Pemula : Akan membahas editing standar yang paling mudah dan tidak banyak menguras otak.
2. Level Ahli : Akan membahas editing tingkat lanjut yang akan banyak membutuhkan sumber data dan mulai menguras otak kita.
3. Level Mahir : Akan membahas editing tingkat akhir yang sangat membutuhkan kesabaran dan kejelian, membuang banyak waktu dan tentu saja running test dalam game untuk memastikan editing kita sudah tidak ada kesalahan yang menyebabkan crash dump.

Apa saja yang harus disiapkan selama bekerja dengan database editor, diantaranya :
1. Tools (program/software) editor standar bawaan game (sesuai versi game FM 2012, FM 2011 dll) digunakan untuk editing semua tingkat level (wajib punya).
2. Tools advanced editor, tools ini bukan standar bawan game melainkan dibuat oleh magicmastermind124 dimana tools ini menghasilkan script yang mirip dengan script asli game apabila anda melihatnya melalui resource game, tools ini akan digunakan ketika kita bekerja dalam editing tahap mahir.

Bagi pemula yang belum mengetahui seperti apa interface editor standar seperti inilah dalam gambar
Interface_atabase

Gambar diatas saya ambil dari dua screenshot editor yang saya gabung menjadi satu (untuk menghemat quota internet). Pada menu File bagian bawah ada tiga kategori pertama About yang menginformasikan editor untuk versi game dan saran optimalnya komputer yang digunakan untuk editing, kedua Details yang nantinya menginformasikan berapa jumlah file yang telah diedit oleh kita dan yang terakhir Validation yang menginformasikan apakah database yang telah diedit sudah benar atau masih terjadi kesalahan.

Bagaimana cara menggunakan tools editor ?? pertama klik File kemudian klik Load Database... maka nanti akan tampil seperti ini untuk memulai pengeditan database (lihat spoiler)
Spoiler : Load Database
Load Database

Saya rasa tahap pengenalan ini sudah cukup dan karena jam sudah larut malam waktunya istirahat maka akan saya lanjutkan besok yang akan membahas tahapan editing database mulai dari edit Agreements, Awards, Clubs sampai edit Weather baik yang hanya mengedit saja maupun editing yang harus membuat New Record (membuat Uniqe ID yang tidak ada dalam database asli game). Selamat malam

Cara Install Advanced Editor
- Extract file rarnya.
- Copy file format.xml
- Paste ke \data\format yang terdapat dalam folder utama editor, bila ada pertanyaan Replace File pilih Yes.
Catatan : Sebaiknya backup dulu file format.xml bawaan editor standar untuk berjaga-jaga jika tidak berhasil installnya.

Advanced Editor FM 2011
Total download kali 

Advanced Editor FM 2012
Total download kali 

All credit and thank's to official game FM and magicmastermind124

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki ID Blogger!

8 comments:

Brandal_Prapatan said...

Di mana saya bisa Download Tools advanced editor?????

Football Manager Community said...

@Brandal_Prapatan aha saya lupa kasih linknya ;))silakan download sudah saya taruh diposting.

Brandal_Prapatan said...

ok thankz gan . . .

Brandal_Prapatan said...

oh iya cara guna'innya bagai mana??????

Football Manager Community said...

di folder utama editor standar didalamnya ada folder \data\format copas file format.xml dari advanced editor kesitu trus jalankan editornya

Unknown said...

editornya dari manasih?saya bingung?please jawab

Unknown said...

pas di donlot cuma format doang gak ada file editornya?gimana tuh

blackgolok said...

Ini buat fm 14 bisa ga ka?

Post a Comment

Tinggalkan komentar karena komentar anda menjadi inspirasi dan motivasi Penulis, tapi jangan tanya tentang crack atau pertanyaan ilegal lainnya. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar. Terima kasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Komentar Pengunjung