Subscribe:

Ads 468x60px

Live Info By FM Community Gabung dengan kami sekarang, klik Like Fanpage dibawah posting atau link ini FMC on Facebook Release Unofficial Database Sea Games FM 2013 Download Mohon maaf agar blog tidak kena suspend, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai crack/ilegal question Update Cut Out Facepack v3.0 sampai v4.02 Buka dan Baca Posting ini

Thursday 16 June 2011

Tips Mengkreasi Taktik dan Perubahannya

Taktik dalam Football Manager menurut saya adalah "menyatukan dan memaksimalkan kemampuan (skill) seorang pemain kemudian menyelaraskannya antara satu dengan pemain lainnya sehingga menjadi satu kekuatan dalam team". Dengan begitu pemain bekerja dilapangan tidak secara individual, selama bermain game ini saya tidak mementingkan salah satu pemain saya harus menjadi top skor ataupun mendapat gelar pribadi apapun, karena kalau saya mengistimewakan salah satu pemain (misal: harus menjadi top skor) maka saya akan pusing sendiri dalam mengkreasi taktik, bagaimanapun juga team lawan akan selalu berusaha mematikan pergerakan pemain yang dianggapnya paling berbahaya itu artinya manajer juga harus selalu berimprovisasi dengan taktiknya, bagi saya gelar-gelar pribadi hanyalah bonus bagi seorang pemain yang terpenting adalah team harus berusaha menang disetiap partai yang dilakoninya tidak peduli siapa yang menjadi pencetak goalnya bila perlu seorang center back-pun bisa ikut menyumbang goal.

Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa dalam dunia football itu tidak seperti matematika dimana 1+1 sudah pasti hasilnya 2 sedangkan dalam football Pemain sebagus dan setinggi langit nilai transfernya belum tentu performanya selalu bagus begitu pula taktik sebagus apapun taktiknya kadang kala dilapangan kondisinya tidak seperti yang diharapkan, seringkali saya harus merubah taktik padahal pertandingan baru berjalan sampai menit 20. Kalau agan setuju dengan opini saya, lalu bagaimana langkah-langkah dalam mengkreasi sebuah taktik ??? ulasan dibawah ini adalah kerangka berfikir saya dalam mengkreasi taktik.

Langkah-langkah Mengkreasi Taktik
1. Menyiapkan Formasi
Setiap saya memulai game baru pertama-tama yang saya lakukan adalah menyipkan formasi, kenapa tidak menyiapkan pemain dulu !!! sebab ini adalah karakter dari seorang manajer, karakter manajer ini penting, manajer itu ibaratnya seorang nahkoda sebuah kapal, kalau seorang manajer tidak mempunyai karakter maka bagaimana nasib kapalnya ?? padahal ombak, angin dan karang siap menerjang, iya kan ??. Sebagian manajer penyuka taktik dengan striker tunggal, ada juga yang lebih suka menggunakan dua striker, ada yang tidak suka memakai winger, ada yang lebih senang memakai jasa playmaker dsb banyak sekali pilihannya. Kondisi tsb mungkin ideal kalau klub yang dipegang mempunyai dana transfer lumayan, dengan begitu manajer tinggal mencari pemain yang cocok dipasang pada masing-masing posisi, masalahnya kalau klub tidak mempunyai banyak dana untuk transfer pemain bagaimana (biasa terjadi pada klub kecil dan mediekor) ??? kalau saya yang jawab : saya tetap akan memakai formasi yang sudah saya siapkan namun saya akan merubah karakter pemain yang ada untuk memenuhi kebutuhan taktik saya tentunya dengan segala resiko yang siap ditanggung, toh target finish akhir musim sudah ditentukan dari awal dan target yang diberikan oleh Chairman biasanya sangat realistis dengan kondisi klub saat itu. Jadi silahkan pilih formasi kesukaan anda 442 424 451 4231 4222 dsb

2. Menyiapkan Pemain
Setelah menentukan formasi yang dipakai kini saatnya anda menentukan masing-masing pemain bermain di posisi (role) mana, kalau dirasa pemain yang ada belum memenuhi kebutuhan anda silahkan anda beli pemain baru dan jual pemain yang tidak diperlukan, kalau tidak ada dana !!! manfaatkan clausul pinjam pemain, kalau pinjam pemainpun tidak bisa, Pikir sendiri aja-lah hehehe.

3. Menyiapkan taktik
Mungkin pada phase ini-lah yang akan banyak memakan waktu sebab dalam menentukan sebuah taktik yang begitu banyak pilihan dan variasinya dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan kejelian tapi setidak-tidaknya anda sudah menentukan kerangka taktiknya, Pada game FM 2011 kalau saya ibaratkan Team Instruction ini kerangkanya disitu anda mengatur taktik mulai dari Phylosphi Starting strategy sampai hal kecil lainnya seperti mengatur set pieces, sedangkan Player Instruction itu penjabarannya, saya bisa pastikan anda harus mengatur Player Instruction juga supaya permainan pemain anda tidak menjadi liar dan semaunya sendiri.

Kalau ketiga langkah diatas sudah anda lakukan saatnya taktik anda uji cobakan pada partai persahabatan, amati pergerakan pemainnya bagus atau tidak !!! catat kelemahan-kelemahan taktik yang sudah anda buat tsb !!! lalu rubahlah seperlunya untuk partai berikutnya, pengalaman saya perubahan kecil pada Player Instruction bisa membuat perbedaan yang besar pada pergerakan pemain dalam team.

Perubahan Taktik Mendadak
Perubahan Formasi dan taktik pada saat bertanding mungkin saja harus dilakukan apabila terjadi deadlock. jika anda sudah meyiapkan variasi formasi dan taktik lain bisa langsung diterapkan kapanpun anda mau, tapi bisa saja anda tidak harus merubah seradikal itu manfaatkan saja fasilitas Touchline Instructions. Sekian semoga berhasil

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki ID Blogger!

3 comments:

Anggarawepe said...

Kalo misalnya saya main pake formasi 4-4-2, lini tengah dengan 2 sayap, 1 gelandang bertahan, dan 1 Central midflier.. Saya sudah memasukkannya ke Match Preparation juga..

Lalu di tengah pertandingan saya merubah komposisi lini tengah menjadi 2 AMR/L, 1 AMC , sementara 1 gelandang bertahan tetap..

Yg jadi pertanyaan.. Bukanya malah akan merusak skema permainan gan karena komposisi tersebut tidak sya masukkan ke Match Preparation..??

Tolong pencerahannya...

sibankpoker said...

thank's bang infonya. aku setuju banget ntuh. jangan lupa manfaatkan jasa assisten/coach advise sebelum permainan. Sangat membantu untuk tactic kita. Example: bila tim lawan lebih tangguh dalam postur tubuh, kita mainkan umpan bawah atau kasih striker yang tinggi.

Football Manager Community said...

@Anggara wepe : bisa ya bisa tidak, tp kalau perubahannya tidak begitu radikal seperti yg agan bilang dua winger ML/MR dirubah ke AML/AMR saya kira tidak begitu berbeda sebab pada dasarnya dua posisi tersebut hampir mirip perannya hanya saja ML dan MR lebih kuat dalam bertahan karena ikut bertahan ketika diserang dibandingkan dengan winger posisi AML/AMR yg memang fokusnya ke penyerangan saja, tp sebaiknya memang formasi yg sering agan pakai masukkan ke match preparation.

@sibankpoker : setuju, masukan yg bagus tuh :)

Post a Comment

Tinggalkan komentar karena komentar anda menjadi inspirasi dan motivasi Penulis, tapi jangan tanya tentang crack atau pertanyaan ilegal lainnya. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar. Terima kasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Komentar Pengunjung