Subscribe:

Ads 468x60px

Live Info By FM Community Gabung dengan kami sekarang, klik Like Fanpage dibawah posting atau link ini FMC on Facebook Release Unofficial Database Sea Games FM 2013 Download Mohon maaf agar blog tidak kena suspend, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai crack/ilegal question Update Cut Out Facepack v3.0 sampai v4.02 Buka dan Baca Posting ini

Sunday 11 March 2012

Cara Edit Database Game FM (bagian 4)

Cara edit database game football manager bagian empat ini saya kategorikan untuk Level Mahir dengan tingkat kesulitan sedang, yang akan membahas tutorial cara membuat database kompetisi liga pada satu negara yang meliputi kompetisi liga (dibagi dalam divisi per-divisi), cup / turnamen dan kompetisi untuk tim cadangan dan tim junior. 

Namun karena keterbatasan waktu, pada posting kali ini saya akan terlebih dahulu membahas bagaimana cara membuat kompetisi liga yang terdiri dari dua divisi, sebagai bahan percontohan saya akan membuat liga Indonesia, untuk pembahasan membuat kejuaran cup/turnamen, kompetisi untuk tim cadangan dan tim junior akan dilanjutkan pada posting berikutnya. Ok mari kita mulai

Level Mahir
Tingkat Kesulitan : Sedang
Aktifitas Editing : Membuat aturan kompetisi baru untuk liga.

1. Langkah pertama untuk membuat aturan liga dengan mengklik Add Nation Rules > pilih Create New Competition and Rules > klik scroll nation kemudian sorot Current Nations atau Other Nations pilih salah satu negara yang akan dibuatkan liganya > klik Next
Spoiler : Add Nation Rules
nat_1

nat_2
Saya memilih Indonesia sebagai bahan tutorial ini.

2. Disini kita disajikan menu settings yang mengatur tentang Season Update Day (tanggal dimana seluruh informasi aktifitas semusim akan diperbaharui untuk musim berikutnya), Season Start Date (tanggal dimulainya aktifitas semusim) dan Season End Date (tanggal berakhirnya seluruh aktifitas musim berjalan). Silahkan setingan ini anda atur dengan ketentuan maksimal waktu yang dibutuhkan selama semusim adalah sebelas bulan dan pengaturan Season Update Day harus diluar batas antara Season Start Date dan Season End Date. Jika anda sudah yakin dengan apa yang anda atur pada bagian ini slanjutkan dengan mengklik Finish. lihat contoh dalam spoiler
Spoiler : Season Update Day
nat_3

3. Selanjutnya kita mengatur tanggal batas aktifitas transfer pemain baik pembelian maupun pinjam, masih pada bagian General klik Transfer Windows > klik Add aturlah Start Date, End Date dan Type. silahkan tambahkan aturan lainnya dengan mengklik Add lagi jika masih diperlukan.
Spoiler : Transfer Windows
nat_4

4. Pada bagian Transfer Rules ini biasanya saya melewatkan saja, karena sudah sangat standar diliga manapun menggunakan aturan bosman rule dengan expery pre-contracts selama enam bulan, namun jika anda ingin mengaturnya lebih spesifik lagi silahkan bagian ini diaotak atik.
Spoiler : Transfer Rules
nat_5

5. Dicipline Rules ini untuk mengatur hukuman bagi pemain yang mendapatkan kartu kuning dan kartu merah, pada pengaturan kartu kuning atau Yellow Card Rules banyak sekali pilihannya contoh 2,3,4,etc artinya dua kali kartu kuning terkena hukuman, untuk kartu kuning ketiga terkena hukuman, kartu kuning keempat terkena hukuman dan seterusnya setiap mendapat tambahan kartu kuning terkena hukuman, jumlah total 3,4 dst dihitung sejak pertama kali mendapat kartu kuning, contoh lain 4,7,9,11,etc artinya hukuman pertama setelah mendapat 4 kali kartu kuning, hukuman selanjutnya setelah mendapat total kartu kuning 7 kali, 9 kali 11 kali dan seterusnya akan terkena hukuman setelah mendapat tambahan dua kali kartu kuning. Untuk pengaturan berapa lama hukuman yang didapat oleh pemain diatur pada bagian Game Suspended jika diisi 1 (satu) maka pemain akan absen sekali pertandingan, jika diisi dua maka akan absen dua kali pertandingan dan seterusnya.
Spoiler : Dicipline Rules
nat_6

6. Work Permite Rules ini untuk mengatur pemain baru bisa dimainkan setelah memenuhi aturan work permite (izin kerja) seperti pada liga inggris, biasanya saya melewatkan pengaturan ini tapi jika diperlukan silahkan anda atur peraturannya dengan mencentang New Players untuk pemain yang baru/akan dibeli dan Existing Players untuk pemain yang sudah bergabung dalam team.
Spoiler : Work Permite Rules
nat_7

Enam langkah diatas mengatur bagian General yang akan berlaku untuk semua divisi liga yang akan diaktifkan, misal kita mengaktifkan tiga divisi maka ketiga divisi tersebut akan mengikuti semua aturan yang telah diatur pada bagian Genaral

7. Pada langkah ketujuh ini kita akan mengaktifkan divisi liganya dimulai dari divisi teratas sampai divisi terbawah dengan type liga single (per-divisi liga hanya terdiri dari satu group). klik  Divisions > klik Add > Single Division > Next > pilih Competition (liga yang akan diaktifkan) > Next > Add Competiton.
Spoiler : Add Divisions
nat_8

nat_9

nat_10

8. Selanjutnya kita akan mengatur secara spesifik setiap divisi yang telah diaktifkan, klik nama divisinya > pada bagian general aturlah Type biarkan League, Min dan Max Number of Teams nilainya sudah terisi otomatis menurut klub yang sudah dimasukkan kedalam database competitions (lihat Cara Edit Database Game FM (bagian 2)) Match Priority jika ini divisi teratas pilih Domestic League-High, Number of Promotion Places jika ini divisi teratas beri nilai 0 (nol), Number of Relegation Places isilah berapa team yang akan otomatis terdegradasi, League Sorting Rules untuk menentukan psosisi team pada klasemen pilihlah beberapa aturannya dengan mengklik Add.
Spoiler : Spesific Division Rules
nat_11

9. Lanjutkan pada bagian Dates, Start Date dan End Date untuk mengatur kapan dimulai dan berakhirnya divisi ini (tidak harus sama dengan semua divisi, asalkan masih dalam batas Season start dan Season End Date), Match day hari dan waktu tetap digelarnya pertandingan setiap minggunya, Break Periode untuk mengatur tanggal tidak ada pertandingan (liburan paruh musim).
Spoiler : Spesific Division Dates
nat_12

10. Prize Money untuk mengatur berapa besar hadiah yang akan diterima oleh team sesuai capaian klasemen akhir, isikan dengan mengklik Add sesuai kebutuhan.
Spoiler : Spesific Division Prize Money
nat_13

11. Match Rules untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan team pada pertandingan, Sub Rules berapa pemain yang menghuni bangku cadangan dan berapa pemain yang boleh dimainkan sebagai pemain pengganti contoh 3 from 5 = 3 pemain pengganti dari 5 pemain yang disiapkan menghuni bangku cadangan. Match Rules dan Squad Rules aturlah sesuai kebutuhan misalnya batasan pemain asing (foreign), Max Squad Size maksimal jumlah pemain  dalam team, jika tidak diisi maka team otomatis boleh memiliki 99 pemain yang boleh dimainkan sepanjang musim.
Spoiler : Spesific Division Match Rules
nat_14

12. Others untuk mengatur team-team yang terkena hukuman pengurangan poin sedangkan Playoff untuk mengatur team-team yang harus melalui babak playoff diakhir musim, pengaturan playoff ini biasanya untuk menentukan team-team yang terdegradasi dan yang promosi, sedangkan Championship Playoff untuk menentukan juara divisi dimana divisi tersebut terdiri dari dua group atau lebih.
Spoiler : Spesific Divisions Other and Playoff Rules 
nat_15

nat_16

13. Hasil akhir untuk mengetahui apakah aktifitas editing kita sudah benar atau masih ada error/kesalahan klik Test Nation Rules, jika hasilnya Error in Nation Rules maka editing harus diperbaiki karena masih terjadi kesalahan pada bagian-bagian yang diinformasikan error, namun jika hasil testnya The current nation rules are valid berarti pekerjaan kita telah selesai tanpa ada kesalahan.
Spoiler : Test Hasil Akhir Editing
nat_18

nat_17

Catatan : Untuk menambahkan divisi dibawahnya silahkan ulangi langkah 7 (tujuh) sampai langkah 12 (dua belas), dengan merubah beberapa item peraturan yang diperlukan seperti jumlah team yang akan otomatis promosi dan degradasi.

Sekian posting kali ini semoga membantu... bersambung >>> Next time

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki ID Blogger!

9 comments:

Gusnaedy Fadly 48 said...

Makasih Artikelnya, sobat...

Happy Blogging.

Sadewa Teja Permana said...

1.mas gimana caranya membuat jatah untuk klub" indonesia di LC asia menjadi 4, meski level kompetisi liga indonesia menjadi peringkat 1 (bintang tiga) di asia jatahnya tidk bertambah apa karena di asia tdk memakai koefisiensi kaya di europe
2.trus database untuk LIGA INDONESIA yg ane download dari mas, kok domestic topnya(IPL) jumlah klubnya ga bisa lebih dari 12, kalo lebih tidak valid trus gimana merubahnya. dan domestic low(premier division) datanya tidak bisa saya rubah seperti match rule, prize money etc.
mohon pencerahannya mas hehe

Unknown said...

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.

Bila berkenan follow balik ya sob :D


#Semoga sehat selalu :D

Iwa said...

om kluuuarin tutoriiial cara bkin kompetisi continental dong yang tanpa negara. . .seperti liga champiion,, aku pngen buuat tp cma bisa bkin liga doang....

iwa_delhoya@yahoo.co.id

Football Manager Community said...

@iwa_delhoya : Ok nanti saya bikinin artikelnya,,, tapi gak janji kapan-kapannya... Ok. Stay visit here

Iwa said...

Om ud 1thun ne tutorial buat liga continental nya blm juga nongol. . .

Kpn ne aku stay visit trus loh. . .

BB ku om : 2AB6F442

Unknown said...

Mas. Sy sdh download took editor buat rubah struktur liga, tp gk bs kebuka y..

Unknown said...

Mas. Sy sdh download took editor buat rubah struktur liga, tp gk bs kebuka y..

Unknown said...

Mau bikin Liga Jawa Timur bisa nggak ya??? secara jatim banyak banget tim nya... seru kalo di k=bikin liga sendiri2

Post a Comment

Tinggalkan komentar karena komentar anda menjadi inspirasi dan motivasi Penulis, tapi jangan tanya tentang crack atau pertanyaan ilegal lainnya. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar. Terima kasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Komentar Pengunjung